Mahasiswa Duta PNP Siap Sosialisasi, Bahkan ke Mentawai dan Luar Provinsi

Mahasiswa Duta PNP Siap Sosialisasi, Bahkan ke Mentawai dan Luar Provinsi

 

PNP News. Lebih dari 500 orang (10 %) dari mahasiswa aktif Politeknik Negeri Padang terpilih sebagai duta atau role model untuk menyampaikan informasi tentang kondisi pembelajaran dari lembaga vokasi ini, sekaitan dengan penerimaan mahasiswa secara serempak di politeknik dan universitas tahun ini.

 

Dalam sambutannya, Wakil Direktur 1 Revalin Herdianto menyatakan, seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun ini sangat istimewa karena seleksinya yang berbasis tes akan mengintegrasikan pilihan perguruan tinggi vokasi dan akademik. Untuk mengikuti seleksi ini, peserta cukup mendaftar dan melaksanakan tes sekali saja.

 

 

 

Wakil Direktur 1 PNP, Revalin Herdianto menerima kedatangan Kepala Sekolah SMAN 1 Ampek Koto Aur Malintang, Zaherman beserta guru dan siswa siang tadi di Aula Gedung C Lantai 2. Zaherman didamping oleh Syaiful selaku Pengawas Pembina dan Syamsu Erman selaku Wakil Ketua KUR daerah setempat. Wadir 1 PNP didampingi oleh Ihsan Lumasa Rimra dan Budi Warsito.

 

 

Hal ini menuntut kewaspadaan calon mahasiswa agar tidak salah pilih, karena jika salah pilih, peluang mereka hanya ada dalam persaingan di kelas mandiri atau kuliah di perguruan tinggi swasta. Tidak ada lagi kesempatan pengulangan ujian seperti tahun-tahun lalu.

Oleh karena itu, mahasiswa yang menjadi duta PNP diharapkan bisa memberikan penjelasan yang sebaik-baiknya kepada adik-adik mereka di SMA/SMK/MAN untuk memilih perguruan tinggi sesuai dengan pasion ‘keinginan atau cita-cita’.

Selain itu, transformasi penting pada SNPMB 2023, tes masuk tidak lagi berbasis subjek mata pelajaran, tetapi kesiapan belajar di perguruan tinggi. Dengan membuat akun, peserta dapat mendaftar masuk perguruan tinggi baik berbasis prestasi maupun berbasis tes.

Semua itu dimaksudkan agar siswa atau calon mahasiswa mendapatkan perguruan tinggi terbaik, sesuai dengan prestasi, minat, dan bakat mereka. Kementerian mendorong integrasi seleksi mahasiswa baru perguruan tinggi negeri, baik vokasi maupun akademik demi menyukseskan program Kampus Merdeka, jelas Revalin.

 

 

 

 

 

Persaingan 130 Lebih PTN Tahun Ini

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru PNP 2023/2024, Ihsan Lumasa Rimra menyatakan, berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, pelaksanaan SNPMB Tahun 2023 diselenggarakan oleh Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Perguruan Tinggi Negeri (PTN), meliputi tiga jalur masuk yaitu jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri.

Ihsan merinci, tahun ini SNPMB 2023 diikuti oleh 137 PTN yang terdiri dari 76 PTN akademik, 43 PTN Vokasi/Politeknik Negeri, dan 18 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Dari segi penyelenggaraan, sistem ini cukup terbuka dan sangat efisien, hemat waktu dan biaya bagi calon mahasiswa. Namun calon mahasiswa baik dari SMA/SMK/MAN hanya bisa mendaftar sekali dan pilihannya bisa ke politeknik, universitas atau institut dan sebagainya.

 

Jangan Berbohong Dengan KIP

Maidar, Kabag Adm. Akademik, Kemahasiswaan. & Perencanaan, SIM/ Fungsional Arsiparis Ahli Madya, mengimbau, peserta pelamar beasiswa KIP Kuliah, khususnya siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi, dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan skema KIP Kuliah. Informasi detail dapat dilihat pada laman Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan di https://puslapdik.kemdikbud.go.id.

 

 

 

Namun ia menekankan, agar mereka memberikan data yang jujur untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Di sisi lain, jika berniat mengundurkan diri dari PNP diharapkan segera melapor agar jatah KIP tersebut bisa dialihkan pada mahasiswa lain. KIP tersebut hanya bisa dicairkan di perguruan tinggi yang mengeluarkan, tidak bisa dicairkan di perguruan tinggi lain, bahkan tidak bisa dicairkan oleh mahasiswa lain, tekan Maidar sambil membeberkan kasus etik mahasiswa sekaitan dengan KIP tahun silam. Hadir dalam sosialisasi tersebut Wakil Direktur 3 Nasrullah, dosen senior Yuli Yetri, dan Budi Warsito, Kasubbag Perencanaan Sistem Informasi/ Fungsional Analis Anggaran Ahli Muda.

VOKASI KUAT, MENGUATKAN INDONESIA!

 

 

 

d®amlis

Fotografer: Naswiradianto